Monday, March 9, 2009

HOW PEOPLE THINK??

Yah, sebenernya apa yang bikin orang mikir? Kehidupan yang abis dijalani, kehidupan yang sedang dijalani atau kehidupan yang akan dijalani??

Kalo menurutku nih, dari pandangan sok tahu-ku... pembentukan pikiran orang dibedakan kedalam 3 fase:

Fase pertama fase single:
Fase single ini dijalani oleh seseorang mulai dari remaja sampai kehidupan single-nya berakhir. Pada fase ini manusia hanya memikirkan tentang apa yang sedang dijalani, semuanya tentang fun! hal ini dikarenakan manusia single belum berpikir secara matang akan apa yang dijalaninya dan untuk siapa dia berbuat. Motivasi yang dipikirkan hanya mengenai diri sendiri. Oleh karena itu pemikiran yang terbentuk oleh fase ini adalah pemikiran sempit, cenderung gegabah dan memiliki orientasi singkat.

Fase kedua adalah fase double:
Fase double ini dijalani seseorang yang telah berkeluarga, saat masa - masa ini manusia memikirkan masa depan lebih banyak dari dia memikirkan masa kini. Selalu berusaha menggapai apa yang ada didepan daripada menghargai apa yang sudah didapat. Motivasi yang dipikirkan tidak hanya untuk dia sendiri namun juga untuk keluarga, suami untuk istri; istri untuk suami (dengan 'bonus' anak tentu saja). Pemikiran yang terbentuk oleh fase ini adalah pemikiran yang berorientasi jangka panjang dan lebih bertanggung jawab, namun cenderung kurang melihat apa yang sebenarnya sudah dimiliki. Sifat orientasi kedepan bisa menghasilkan dua keputusan, yaitu keputusan resiko besar dan resiko kecil; keuntungan besar dan kecil; dll dengan menggunakan ukuran tertentu. Bisa dibilang saat fase ini 'angka' adalah segalanya.

fase ketiga adalah fase stagnan:
Fase stagnan bisa terjadi di masa tua, masa remaja, maupun masa dewasa. Fase stagnan ditandai dengan adanya pertanyaan "sebenarnya untuk apa saya hidup". Fase ini membuat manusia menilai dirinya sebagai sesuatu yang kecil dan tidak berguna, meskipun sebenarnya dia memiliki harta melimpah. Fase ini membuat manusia selalu menengok kebelakang, ke masa2 yang dinilai lebih indah dari saat ini, biasanya fase ini disebabkan oleh beberapa traumatis emosional karena ditinggal seseorang yang dicintai; kekecewaan mendalam pada lingkunan sekitar dan kekecewaan mendalam pada diri sendiri.

Nah, setelah baca hal2 diatas, kira2 kamu ada di fase yang mana??

Single/double or stagnan???

No comments: